Friday, August 7, 2020
Beranda Buah Tangan Tamu Corona Aja Duméh

Corona Aja Duméh

Prof. Rubiyanto Misman
Biolog; Rektor Universitas Jenderal Soedirman Periode 1997–2005

Suyanto.id–Barangkali corona layak kita juluki sebagai Silent Killer abad ini. Tapi, corona juga punya julukan the Good, the Badand the Ugly, seperti dalam filmnya Clint Eastwood dan Lee Van Cleef.

Bayangkan, mahluk yang cuma berukuran nanomicron, berbentuk seperti buah rambutan, cuma terdiri satu sel protein DNA atau RNA yang dilapis duri-duri lemak. Dia tidak berotak, tidak punya organ tubuh, apalagi organ reproduksi, tapi bisa memperbanyak diri dengna belah diri atau cell division yang cepat, hidupnya numpang di tubuh manusia, sebagai parasit obligat dan luar biasa ganasnya. Membunuh manusia ribuan tanpa pandang suku, bangsa, negara dan agama. Dia memporak-perandakan segi-segi kehidupan manusia tidak saja di bidang kesehatan, pemerintahan, kesejahteraan perekonomian, tetapi juga pertahanan dan persatuan bangsa.

Di sisi lain, tidak ada mahluk lain juga yang bisa menyadarkan mempersatukan bangsa,  negara dan agama seperti corona. Mereka karena ulah corona jadi saling tolong-menolong dalam kesulitan. Amerika dan Cina yang musuh bebuyutan pun akhirnya bergandeng tangan saling membantu. Rusia yang dikenal Komunis pun bisa bergandeng tangan dengan negara-negara Islam seperti Iran dan lain-lain. Bahkan, tidak luput Arab Saudi pun banyak dibantu Amerka dan Cina yang dikafir-kafirkan. Di samping cacian kepadamu, corona, ada juga orang yang berterima kasih kepadamu terutama orang-orang yang punya tanggungan kredit seperti Ojol, Ojek, taksi reguler, UKM, dan lain-lain yang gara-gara kamu cicilan utang ke perbankan bisa ditunda satu tahun.

Okey, corona, sudahilah kunjunganmu keliling dunia. Sudah terlalu banyak rakyat dunia yang menderita kesulitan dana dan makan. Terima kasih, corona, terlepas apa yang kau perbuat, ini telah menyadarkan kita untuk lebih takwa kepada Sang Khalik, Sang Pencipta, dan Sang Maha Kuasa agar kita sebagai manusia untuk bisa hidup lebih harmonis, lebih sehat, lebih bersih, semangat bersama, dan saling menolong bekerja sama yang tidak kenal SARA. Aamiin… YRA. (*)

Baca juga:   Mendekonstruksi “Mangan Ora Mangan” Sing Penting Ngumpul

2 KOMENTAR

  1. sharing sj Prof…
    Struktur Virus terdiri dari Materi genetik DNA atau RNA dan Selubung protein yang disebut Kapsid. Virus tidak memiliki kelengkapan sel sehingga utk berkembang biak membutuhkan sel inang. Virus bila berada di udara bersifat tidak hidup(benda mati) bila mendapatkan inang yang sesuai maka akan berkembang biak dengan pesat. Covid-19 ini inangnya adl sel paru-paru dan perkembangbiakannya bersifat litik yg merusak sel inang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,023FansLike
37FollowersFollow