Friday, August 7, 2020
Beranda Tips Hiseri Dosen Uncen Prediksi Kepimimpinan Papua  

Dosen Uncen Prediksi Kepimimpinan Papua  

Edison Kabak, S.Kep, Ners, M.Kep.
Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura Program Pendidikan D-III Keperawatan Wamena

Suyanto.id–Pada tahun 2010, Dr. Raimon mengajar kami mata kuliah Bahasa Inggris pada Program Pendidikan Ners di bawah Fakultasi Kedoteran Universitas Cenderawasih. Dr. Raimon memprediksi, kepemimpinan Papua ke depan akan ambil alih oleh orang pegunungan.

Ketika Dr. Raimon mengatakan hal itu, saya sendiri tidak percaya karena kami orang pegunungan dianggap tidak mampu, tidak bisa pimpin Papua, harus belajar dulu. Kami belum punya pengalaman sebagaimana saudara-saudara dari daerah lain di Papua.

Bagi orang-orang daerah pegunungan, yang disebut pemimpin adalah seseorang yang mampu kasih makan janda dan anak yatim piatu, mampu melihat rakyatnya di kampung itu, melihat latar belakang kehidupan sehari-hari, menghadiri acara-acara besar, korbankan harta benda dan kasih makan banyak orang, suka menolong rakyat yang kena masalah, tidak sombong, dan merendahkan diri terhadap rakyatnya. Pemimpin juga harus mampu menyelesaikan masalah yang ada dan yang akan datang, baik dari dalam atau dari luar. Orang-orang di pegunungan melakukan aksi yang dikenal dengan ap suon/ap humon/suahun/humahun, dalam bahasa Yali, artinya orang besar/orang kaya/orang mampu mengorbankan harta bendanya untuk rakyatnya, untuk kampungnya,

Terhadap seseorang yang memenuhi persyatatan tersebut, secara alamiah jabatan pemimpin di kampung melekat padanya. Dari dulu sampai sekarang, tidak ada rakyat yang protes masalah jabatan kepemimpinan ini, tidak sama seperti daerah lain di Papua.

Cara ini menurut saya luar biasa karena tidak dimiliki daerah lain di Papua. Hanya di pegunungan pemimpinnya muncul secara alamiah.

Dr. Raimon memprediksi, ke depan Provinsi Papua akan dipimpin oleh orang-orang dari pegunungan. Jadi, Beliau berharap masyarakat pesisir jangan meremehkan orang pegunungan. Model kepemimpinan mereka akan diterapkan pada saat pemilihan pemimpin di Provinsi Papua. Oleh karena itu, menurut Dr. Raimon, saudara-saudara dari pegunungan sangat kuat potensi menang dan menjadi pemimpin tanah Papua.

Baca juga:   Dr. Isak J. H. Tukayo, dari RSE Angguruk ke Poltekkes Jayapura

Prediksi Dr. Raimon ini sudah menjadi nyata saat ini, gubernur dan wakil gubernur selama dua periode ini asli Papua dari pegunungan. Bahkan, ketua DPRP Papua, anggota DPRP Papua, dan ketua MRP orang pegunugan. Anggota DPRRI dan anggota DPDRI perwakilan Papua di pusat mayoritas orang pegunungan.

Dr. Raimon memberikan motivasi, semangat, jalan, serta petunjuk untuk berjuang bagi kepemimpinan Papua ke depan. Dengan demikian, kita perlu mempertahankan cara kepemimpinan inj, cara alamiah, di kampung yang sangat baik itu. (*)

Baca juga:   Masyarakat Panggil Perawat Pak Mantri
SebelumnyaTarian Canting
BerikutnyaBogowonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,023FansLike
37FollowersFollow