Monday, October 25, 2021
spot_img
BerandaGagasan Ilmiah PopulerGrowth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Junaidin
Kandidat Doktor Universitas Negeri Yogyakarta dan Widyaiswara LPMP Kalimantan Tengah

Suyanto.id–Mindset atau pola pikir sangat mempengaruhi seseorang untuk berhasil atau gagal dalam setiap situasi. Growth mindset atau pola pikir tumbuh dan/atau berkembang adalah pola pikir yang menggunakan kegagalan sebagai kesempatan untuk terus belajar. Sebaliknya, pola pikir tetap (fixed) cenderung menjadikan setiap orang untuk bertahan dalam kebiasaannya, zona nyaman. Padahal, tantangan zaman era digital abad ke-21 kian bergerak cepat, sulit diprediksi, ambigu, dan tidak pasti.

Masa pandemi merupakan masa yang berbeda dari biasanya karena adanya pembatasan pergerakan manusia untuk menekan laju wabah. Sementara upaya pemenuhan kebutuhan hidup yang bersifat materi dan non-materi harus terus diusahakan untuk menjamin keberlangsungan hidup.

Teknologi telah menjamin kemudahan manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup. Jaringan internet berhasil menciptakan ketergantungan yang luar biasa bagi aktivitas manusia secara global, terutama di masa pandemi. Ketika kultur belajar telah berubah, sistem pembelajaran secara online atau daring telah menjadi pilihan utama untuk menjamin proses dan hasil belajar tetap berjalan. Guru dan siswa sebagai aktor utama pendidikan adalah dua unsur penting yang harus juga dijamin untuk terwujudnya tujuan pembelajaran. Kehadiran guru tidak bisa diwakilkan oleh teknologi, terutama dalam pembentukan karakter.

Bagaimana usaha yang dapat dilakukan untuk menjamin semua faktor terkait upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran khususnya dan tujuan pendidikan umumnya dapat dicapai? Bagaimana sebaikya guru dan siswa bertindak? Pakar Psikometri, Prof. Jahja Umar, menyebut guru dan siswa adalah dua variabel utama dalam Standar Pendidikan Nasional. Kurang lebih lima belas abad yang lalu, Rasulullah SAW telah memberi kabar gembira bahwa setiap ada kesulitan, selalu ada kemudahan.

Baca juga:   Inovasi Kepala Sekolah Mengefektifkan PJJ di Masa Pandemi

Keyakinan guru bahwa setiap siswa dapat belajar adalah salah satu faktor yang sangat penting. Guru harus berkeyakinan bahwa setiap anak dapat belajar dan meraih sukses. Guru harus berkeyakinan bahwa setiap anak adalah pembelajar yang cerdas sesuai dengan kekhasannya. Guru harus bisa meyakinkan bahwa mereka adalah anak-anak yang baik dan pembelajar yang tangguh. Guru harus berkeyakinan bahwa guru dapat mencari cara lain ketika setiap anak tidak memahami materi pembelajarannya. Guru harus menjamin bahwa setiap anak mendapatkan tantangan dan pujian atas setiap usaha anak dalam mengambil resiko serta bagaimana usaha anak dalam menghadapi tantangan.

Trainer Internasional tentang growth mindset, Djohan Yoga, membeberkan bahwa keberhasilan anak-anak dari berbagai negara dalam menjawab soal-soal dalam tes internasional, seperti PISA, tidak hanya ditentukan oleh faktor akademik, melainkan 80%-nya ditentukan oleh faktor nonkognitif atau aspek psikologi, growth mindset.

Hal yang sama disampaikan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Suyanto, Ph.D., bahwa pendidik dan anak Indonesia harus memiliki budaya growth mindset untuk dapat maju dan berubah. Mantan Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah ini terus bergerak untuk menaikan mutu Pendidikan Indonesia melalui kampanye dan pelatihan terkait growth mindset ini.

Meskipun bukan hal baru, saya kira insan pendidik perlu reflektif sejenak atas hasil riset Carol Dweck selama 20 tahun yang hasilnya telah didiskusikan dalam 1542 artikel terindeks Scopus terkait growth mindset ini, di antaranya tentang bagaimana siswa menyukai tantangan, sementara yang lain, yang mungkin sama-sama berbakat, menghindarinya dan bermain aman. Psikolog Universitas Standford ini meyakini bahwa growth mindset merupakan kunci kesuksesan. Individu yang memiliki growth mindset akan percaya, bahwa bakat yang dimilikinya dapat dikembangkan. (*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,166FansLike
59FollowersFollow