Friday, August 7, 2020
Beranda Buku Ibadah dan Tradisi Idulfitri di Tengah Wabah Covid-19

Ibadah dan Tradisi Idulfitri di Tengah Wabah Covid-19

Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah dan Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Suyanto.id–Ibadah adalah segala hal yang dilaksanakan dengan niat karena Allah dan pelaksanaan yang sesuai dengan tuntutan Rasulullah. Ibadah bersumber pada wahyu yang termaktub di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sedangkan tradisi adalah sesuatu yang dilaksanakan oleh masyarakat sesuai dengan norma-norma, nilai-nilai, dan pandangan dunia. Sebagian tradisi merupakan pengamalan atas pemahaman (pandangan dunia) dan nilainilai agama yang dianut oleh masyarakat.

Dalam masyarakat Indonesia terdapat banyak sekali tradisi yang berkaitan erat dengan agama, bahkan sebagian sangat sulit dipisahkan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya terdapat banyak tradisi keagamaan seperti tradisi menyambut Ramadan dan berbagai tradisi yang melekat dengan pelaksanaan ibadah di dalamnya. Terdapat banyak tradisi yang berkaitan dengan sedekah, tadarus Al-Qur’an, dan perayaan Idulfitri.

Tulisan singkat ini akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan ibadah dan tradisi Idulfitri. Bagian pertama membahas tentang zakat fitrah dilanjutkan pembahasan mengenai takbir dan shalat Idulfitri. Pada bagian akhir dibahas tentang tradisi mudik dan halal bi halal. (*)

Baca juga:   Pendidikan di Masa Sulit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,023FansLike
37FollowersFollow