Sunday, February 5, 2023
spot_img
BerandaPendidikanInovasi Kepala Sekolah Mengefektifkan PJJ di Masa Pandemi

Inovasi Kepala Sekolah Mengefektifkan PJJ di Masa Pandemi

Amal Maliki
Kepala SMAN 01 Bombana dan Mahasiswa Magister Fisika/Geofisika UHO

Suyanto.id–Covid-19 membuat pola pembelajaran berubah, dari yang sebelumnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pada beberapa sekolah di pusat kota, perubahan ini mungkin tidak terlalu berat. Akan tetapi, bagi sebagian besar sekolah di daerah (terutama 3T), PJJ menjadi masalah yang tidak ringan.

Sebagian besar sekolah di perkotaan telah didukung fasilitas komunikasi yang memadai yang dilihat dari ketersediaan jaringan internet dan platform digital. Selain itu, jumlah dan kualitas sumber daya manusia (guru) dipandang cukup. Kondisi ini berbeda dengan daerah perdesaan, khususnya 3T, di mana akses internet belum tersedia dengan baik dan banyak guru yang belum mampu menggunakan media belajar online. Secara otomatis, PJJ dengan model online mengalami banyak kendala.




Gambaran tersebut menunjukkan besarnya disparitas layanan pendidikan antara wilayah perkotaan dengan perdesaan. Meskipun cukup banyak kendala yang dihadapi oleh sekolah di daerah (termasuk 3T), namun PJJ harus tetap berjalan secara efektif. Pada konteks ini, peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan sangat strategis.

Inovasi kerja atau upaya pembaruan sistem, proses, dan produk kerja dari kepala sekolah untuk menjamin keberlangsungan PJJ secara online di masa pandemi menjadi taruhan. Beberapa bentuk inovasi kerja berikut dapat menjadi alternatif untuk dilakukan kepala sekolah agar PJJ tetap berjalan efektif.

  1. Memilih platform yang mudah, praktis, dan hemat

    Cukup banyak platform pembelajaran online (digital) yang disediakan startup pendidikan. Akan tetapi, dalam kondisi pandemi Covid-19, pemilihan platform pembelajaran yang tepat harus diprioritaskan. Pemilihan ini sangat penting mengingat tidak semua platform pembelajaran online mudah, praktis, dan hemat. Salah satu platform yang memenuhi ketiga kelebihan tersebut adalah Portal Rumah Belajar milik Kemdikbud RI. Portal Rumah Belajar cukup mudah digunakan, praktis dalam pengelolaannya, dan hemat secara ekonomi penggunaan pulsanya. Di samping itu, Portal Rumah Belajar menyediakan fitur pembelajaran yang bervariasi dan bisa langsung diakses oleh pengguna (guru dan siswa) tanpa harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan.

  2. Memberikan bimbingan teknis kepada guru

    Salah satu tugas kepala sekolah adalah melakukan supervisi kepada guru. Hasil supervisi menjadi dasar untuk mengembangkan profesi guru secara berkelanjutan. Pada masa pandemi Covid-19, kepala sekolah sudah harus memetakan kemampuan guru dalam hal penguasaan berbagai platform digital yang akan digunakan dalam PJJ.

    Setelah menghasilkan peta kemampuan guru, tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah memberikan bimbingan teknis. Sebelum membimbing, sebaiknya kepala sekolah telah memiliki kemampuan yang memadai terkait materi yang akan diberikan kepada guru. Oleh karena itu, kepala sekolah harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan aplikasi digital untuk PJJ.

    Agar pelaksanaan bimbingan teknis lebih terarah, perlu dibuat jadwal secara terstruktur serta target yang akan dicapai terukur melalui aktivitas bimbingan secara profesional.

  3. Membangun komunikasi intensif

    Dalam masa pandemi Covid-19, di mana aktivitas sosial sangat dibatasi, komunikasi intensif antara kepala sekolah dengan guru dan siswa harus tetap terpelihara. Komunikasi tidak mesti dalam bentuk formal, tetapi juga informal. Komunikasi formal terkait dengan regulasi pendidikan terbaru, baik secara langsung maupun melalui grup WhatApps. Sementara itu, komunikasi informal dapat berupa kunjungan ke rumah guru dan siswa/orang tua.

    Selain kepada guru dan siswa, komunikasi juga harus selalu dibangun dengan komite sekolah. Hal ini perlu dilakukan untuk membahas persoalan dan mencari solusi bersama secara gotong-royong.

    Komunikasi yang dilakukan antara guru, siswa, dan orang tua sangat penting untuk menjaga keharmonisan dan semangat selama menjalankan PJJ. Hal ini juga dapat menghindarkan mereka dari kejenuhan.

  4. Menjadi role model bagi warga sekolah

    Semangat warga sekolah untuk tetap meningkatkan produktivitas kerja/pembelajaran selama masa Covid-19 sangat dipengaruhi oleh tindakan-tindakan kepala sekolah. Salah satu peran kepala sekolah yang cukup besar pengaruhnya adalah sebagai role model (panutan) bagi warga sekolah. Oleh karena itu, kepala sekolah harus menunjukkan dedikasi yang tinggi dengan bekerja secara disiplin, tetap berinteraksi dengan siswa, membina siswa yang berbakat, bekerja penuh semangat dalam membantu warga sekolah, serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar atas tindakan yang diambil.

  5. Meringankan beban ekonomi warga sekolah dan orang tua

    Pandemi covid-19 potensi meningkatkan beban ekonomi guru, orang tua, dan siswa. Hal ini disebabkan selama PJJ online, penggunaan pulsa internet meningkat secara tajam. Akibatnya, belanja kebutuhan guru, orang tua, dan siswa meningkat pula. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Harus ada tindakan nyata, salah satunya dengan membagikan pulsa secara gratis dan mengurangi biaya-biaya sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga perlu menganggarkan fasilitas pencegahan Covid-19 bagi warga sekolah, seperti masker, face shield (pelindung wajah), tempat cuci tangan, dan lain-lain.

Berdasarkan uraian tersebut, kendati dalam masa pandemi, kepala sekolah tetap dapat melakukan inovasi untuk meningkatkan–setidaknya mempertahankan–produktivitas kerja warga sekolah. Produktivitas kerja dapat meningkat bila kebutuhan akademik, finansil, dan mental warga sekolah mampu dipenuhi oleh sekolah secara proporsional. Dengan begitu, pelaksanaan PJJ pun dapat berjalan lebih efektif. (*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Cinta

0

Janji Proklamasi

1

Pelayatan Agung

0

Ziarah

1

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,166FansLike
68FollowersFollow