Saturday, December 5, 2020
Beranda Buku Inovasi Pendidikan Tinggi

Inovasi Pendidikan Tinggi

Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd.
Guru Besar FT Universitas Negeri Malang

Suyanto.id–Tulisan ini terdiri atas tiga lapis. Lapis pertama menyajikan latar atau konteks perubahan yang terjadi dalam kehidupan kini dan kecenderungan masa depan yang mempengaruhi pendidikan tinggi. Lapis kedua menyajikan bahasan yang imperatif dilakukan pendidikan tinggi untuk merespons perubahan. Lapis ketiga menyajikan strategi untuk menggerakkan inovasi pendidikan tinggi.

Terinspirasi oleh dua dokumen penting Universitas Negeri Malang, yaitu naskah akademik UM: The Learning University dan naskah akademik Rencana Induk Pengembangan (RIP) UM 2010 – 2030, tulisan ini memandang lebih luas dalam konteks transformasi pendidikan tinggi pada umumnya di Indonesia. Perubahan yang sangat cepat di semua lini kehidupan dalam dasawarsa kedua Abad XXI ini mempengaruhi pendidikan tinggi. Akibat dari proliferasi dan konvergensi pengetahuan, hadirnya Generasi Z di tingkat pendidikan tinggi disertai dengan segala keunikannya, kebutuhan terhadap lanskap belajar dan orientasi pendidikan tinggi, maka pendidikan tinggi juga harus berubah. Sebagai respons terhadap perubahan kebutuhan belajar itu, pendidikan secara imperatif melakukan perubahan cara pandang terhadap pendidikan tinggi dengan membangun paradigma baru pendidikan tinggi, melakukan redesain kurikulum, redesain lanskap belajar, dan redesain sistem jaringan dan manajemen TIK sebagai pendukung dan pendorong inovasi pendidikan tinggi.

Sejumlah strategi perlu dijalankan untuk mendorong pergerakan inovasi pendidikan tinggi, antara lain: (1) menyemaikan riset dan pengembangan sebagai bagian penting dari kegiatan pembelajaran pendidikan tinggi, (2) menyebarluaskan dan mematrikan visi bersama untuk menjalankan program‐program dan kegiatan inovasi pendidikan tinggi, (3) memperkuat jaringan antarunit kerja, (4) menata ulang lingkungan fisikal kampus, (5) mengalokasikan dan memfokuskan sumber daya yang ada, dan (6) membangun kepemimpinan inovatif. (*)

Baca juga:   Inovasi Kepala Sekolah Mengefektifkan PJJ di Masa Pandemi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Kesiapan menjadi Kampus Merdeka

1

Indonesia Tanah Air Beta

Ibuku, Guruku

Catatan Seorang Guru

4

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,071FansLike
46FollowersFollow