Friday, September 17, 2021
spot_img
BerandaTips HiseriKerinduan di Saat Covid-19 Merajalela

Kerinduan di Saat Covid-19 Merajalela

Suyanto.id–Manusia itu benar-benar makhluk sosial di samping juga makhluk ekonomi. Tak seorang pun akan bisa hidup dengan normal jika dia dipisahkan dari komunitasnya, ya keluarga, sanak saudara, sahabat dan kolega. Sangat sesuai dengan pepatah Barat yang mengatakan: “We cannot live with brad alone”. Maknanya kita manusia tidak hanya cukup makan saja. Apalagi tidak bisa juga hidup untuk makan semata. Lalu bagaimana? Kita perlu bersosialisasi dengan sanak saudara, sahabat, kolega dan tetangga.

Adanya Covid-19 membuat hal ini semua sirna tanpa mantra. Kenapa begitu? Interaksi dan komunikasi harus dijaga pada jarak yang aman. Minggu-minggu pertama no problem menjalani hidup yang tiba-tiba berbeda. Saat ini memasuki minggu ketiga program WFH, begitu juga program belajar di rumah, untuk semua siswa. Program-program itu kini memasuki fase rindu dendam bagi para pelakunya. Mengapa rindu? Yaaa… karena kita tidak bisa hidup hanya sekedar makan bukan? Anak-anak sudah mulai nyletuk rindu teman-temannya di sekolah, orang dewasa juga sudah mulai rindu ketemu sanak saudara dan kerabatnya. Pokoknya banyak kerinduan saat ini, termasuk rindu yang sangat mendalam di antara kita terhadap waktu kapan berakhirnya pandemi ini.

Satu kerinduan lagi yang mungkin juga menggelayuti kita semua. Apa itu? Rindu dengan partai politik yang ketika pemilu kita elu-elukan. Rindu pada jago-jago parpol yang kita bela-bela sampai pura-pura mati. Rindu pada kiprah mereka yang saat pemilu itu ramah, humble, kadang garang dan menginspirasi bagi kita semua. Kemana mereka saat ini ketika Covid-19 membuat down banyak sistem kehidupan? Kenapa mereka tidak keluar pasang bendera di mobil bak terbuka keliling kota dgn membawa APD untuk para tenaga medis kita? Para dokter dan tenaga medis kita sedang bertaruh nyawa di medan laga melawan Corona. Banyaklah kerinduan yang harus kita tahan, termasuk rindu pada gerak cepat para pemimpin kita. Ada lagikah rindumu untuk apa yang harus dilakukan negara? Kalau ada itu manusiawi, dan kita wajib membangun solidaritas agar memiliki kekuatan bagai baja melawan corona bersama. Yuuk share rindumu dan rinduku. (*)

Baca juga:   Membangun Integritas di Masa Pandemi Covid-19
spot_img

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Pak Senam yang Saya Kenal

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Komentar Terbaru

Sedang Populer

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Pak Senam yang Saya Kenal

1,166FansLike
57FollowersFollow