Friday, August 7, 2020
Beranda Buah Tangan Tamu Lindungi Bumi dari Sampah Plastik

Lindungi Bumi dari Sampah Plastik

Oleh Nur Fitriana, M.A.
Analis Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemdikbud RI

Suyanto.id–Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia menjadi penyumbang sampah laut terbesar kedua setelah Cina. Hal inilah yang mendasari munculnya Prespres No. 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut dan Kepmenko Bidang Kemaritiman No. 69 Tahun 2019 tentang Tim Pelaksana Rencana Aksi Nasional Penanganan Sampah Laut yang terdiri dari 16 kementerian. Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud menjadi kordinator pada Kelompok Kerja Strategi 1 “Gerakan Nasional Peningkatan Kesadaran Para pemangku Kepentingan” .

Mengapa Direktorat Sekolah Dasar? Harapannya, agar lembaga ini dapat mengedukasi dan menghabituasi anak-anak sejak dini. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa ikan yang dikonsumsi manusia dengan tujuan agar sehat dan bergizi karena mengandung omega-3, sudah mengandung partikel plastik. Jika ikan ini dikonsumsi manusia, akan menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, alergi, perubahan genetik, dan sebagainya.

Enam belas kementerian terkait yang memiliki kontribusi masing-masing sesuai dengan bidang kerjanya, telah berupaya keras mengurangi sampah plastik. Di setiap instansi dilarang menyajikan hidangan dengan sterofom maupun botol plastik. Jadi, jangan heran kalau Kemdikbud menerbitkan Surat Edaran No. 12 tahun 2019.

Semua instansi pemerintah pada saat ini mulai mengurangi sampah plastik. Saat rapat rapat, selalu ada tumbler stainles. Beberapa kafe, retoran favorit di sekitar kita, juga hotel juga menerapkan hal yang sama. Beberapa pusat pariwisata juga tidak menyediakan kantong plastik saat berbelanja. Provinsi Bali, misalnya, sudah menerapkan aturan tersebut.

Mulai saat ini, yuk biasakan posting hal-hal yang menjadi contoh baik bagi semua, jangan bangga posting  sampah plastikmu karena artinya kamu orang yang abai, “Sampahmu Tanggung Jawabmu”. Jika masih menemukan penggunaan plastik sekali pakai, yuk posting untuk ikut mengkampanyekan pencegahan sampah laut plastik dengan hashtag #SampahmuTanggungJawabmu, kemudian mention akun medsos Kemdikbud, Kemenko Maritim, KLHK, dan juga jangan lupa mention akun medsos TKN PSL (Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut).

Kalau bukan kita, siapa lagi? Jadilah generasi milenial yang selalu bergerak untuk bangsa. Kepedulian kalian adalah kontribusi baik untuk Indonesia bahkan dunia. Kalian juga bisa berkontribusi dengan membuat inovasi yang tepat sebagai pengganti plastik dalam kehidupan sehari hari.  (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Komentar Terbaru

Sedang Populer

1,023FansLike
37FollowersFollow