Friday, September 17, 2021
spot_img
BerandaTips HiseriMasa Sulit Wabah Covid-19

Masa Sulit Wabah Covid-19

Suyanto.id–Saat ini  kita semua menghadapi kesulitan dalam berbagai aspek kehidudpan akibat dari merajalelanya Covid-19. Bahkan ke depan dalam waktu 3 tahun mendatang kita akan menghadapi kesulitan ekonomi yang serius. Tetapi tidak kita sendiri yang menghadapinya. Seluruh dunia akan mengalami kesullitan.

Diprediksi pertumbuhan ekonomi kita tahun ini, bisa menyentuh minus 0,4%. Kalau ini terjadi tentu akan berdampak sangat buruk pada berbagai jenis dan sektor industri kita.  Lalu apa bahayanya buat kita? Mungkin akan ada salah satu atau dua dari sanak saudara kita kehilangan pekerjaan.

Memang iya pemerintah telah menyiapkan program Jaring pengaman sosial yang cukup besar. Betapa tidak! Sudah dilokasikan 110 T untuk membantu orang-orang yang kehilangan pekerjaan. Namun demikian, tentu jumlah anggaran untuk jaring pengaman sosial itu tidak mencukupi untuk menutup semua kebutuhan warga negara yang terdampak secara sosial-ekonomi dalam masa sulit Covid-19.

Oleh karena itu, saraan saya, mari kita juga siap-siap dengan pola hidup yang terencana secara ekonomi. Buang semua kebiasaan berkonsumsi yang tidak ada manfaatnya, seperti merokok, kuliner yang aduhai setiap minggu, nonton, berwisata, dan sebagainya. Penuhilah dahulu kebutuhan primer: rumah, makan, minum, pakaian, pendidikan dan kesehatan. Nggak usah pedulikan undangan resepsi pernikahan untuk tahun ini. Kalaupun harus datang yaa nyumbang ala kadarnya saja.. hahahaha. Dan jangan lupa tentunya tetap lakukan PHSB, pola hidup sehat dan bersih untuk menghadapi musuh kita bersama – COVID-19.

Salam sehat untuk semuanya, kita hadapi COVID-19 dengan berbagai upaya dan doa. (*)

Baca juga:   Covid-19 Has Changed the World
spot_img

6 KOMENTAR

  1. Sangat setuju prof terutama pemenuhan sektor ekonomi yg sdh d rasakan saat ini, sembako naik dan sdh mulai langka d pasaran. Sekalipun ada uangny tp klu tdk ada barangnya kesulitan juga. Yang paling mendasar memenuhi kbutuhan pangan dlu.
    Pilu kami yg d daerah transmigrasi ni prof karet dan sawit d harga murah bhkn tdk laku krn tdk bisa impor, jd msyrkt sdh mulai resah.

    • Yaa betul mbak semua lini akan sulit karena saat ini semua negara saling tergantung. Kalau ekomominya sulit di negara besar tetnu akan bepengaruh buruk pada perekonomian dunia. Sawit dan karet juga terkena imbas itu bahkan sdah sejak 4 tahun lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Pak Senam yang Saya Kenal

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Komentar Terbaru

Sedang Populer

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Pak Senam yang Saya Kenal

1,166FansLike
57FollowersFollow
Baca juga:   Covid-19 Has Changed the World