Friday, September 17, 2021
spot_img
BerandaTips HiseriMasyarakat Panggil Perawat Pak Mantri

Masyarakat Panggil Perawat Pak Mantri

Edison Kabak, S.Kep, Ners, M.Kep.
Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura Program Pendidikan D-III Keperawatan Wamena

Suyanto.id–Masyarakat di desa menyebut petugas perawat kesehatan yang melayani di puskesmas, puskesmas pembantu (pustu), di kampung-kampung, atau petugas pelayanan kesehatan pengobatan dari rumah ke rumah sebagai Pak Mantri. Menurut KBBI, mantri kesehatan adalah pegawai yang kerjanya sebagai pembantu dokter di pelayanan kesehatan; perawat kepala (biasanya laki-laki).

Kebiasaan masyarakat menyebut petugas kesehatan sebagai Pak Mantri, sudah menjadi budaya. Padahal, panggilan Pak Mantri atau Mantri itu bukan sebutan profesi. Masyarakat di desa atau kampung jarang sekali menggunakan istilah tenaga kesehatan, petugas kesehatan, atau tenaga perawat.



Pada mulanya, sebutan mantri kesehatan digunakan untuk pembantu dokter yang kerja di desa-desa atau kampung-kampung. Penempatannya bisa di lembaga swasta, masjid, gereja, atau perusahaan. Pada kenyataannya, mantri kesehatan merupakan mitra kerja dokter. Dilihat dari pendidikannya pun tidak kalah. Saat ini perawat atau mantri kesehatan rata-rata berpendidikan S1, S2, bahkan S3. Seseorang dapat disebut perawat jika minimal telah menyelesaikan pendidikan keperawatan.

Selain petugas kesehatan, masyarakat juga sering memanggil kader kesehatan sebagai Pak Mantri atau Mantri. Padahal, dalam fungsinya kader kesehatan tidak diizinkan melakukan praktik. Tugas kader kesehaan adalah melakukan pekerjaan terkait pembersihan halaman luar dan dalam pusksesmas atau balai pengobatan.

Kader kesehatan ini biasanya diambil dari kampung-kampung atau desa-desa setempat untuk membantu tenaga perawat. Umumnya kader kesehatan berlatar belakang pendidikan SD, SMP, atau SMU/SMK. Jika berasal dari perguruan tinggi, biasanya dari jurusan nonkesehatan. (*)

Baca juga:   Dosen Uncen Prediksi Kepimimpinan Papua¬†¬†
spot_img
- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Pak Senam yang Saya Kenal

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Komentar Terbaru

Sedang Populer

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Pak Senam yang Saya Kenal

1,166FansLike
57FollowersFollow