Friday, September 17, 2021
spot_img
BerandaHobiMelihat Keindahan Ottawa dari Dekat – Bagian 3

Melihat Keindahan Ottawa dari Dekat – Bagian 3

Oleh Retty Sari
Retty Sari Spa (Ottawa – Canada) dan Ammara Clinic (Jakarta)

Suyanto.id–Ottawa adalah ibu kota Kanada, tidak terlalu besar dan juga tidak kecil, kira-kira 2.790 kilometer persegi dengan penduduknya tidak lebih dari 1,4 juta jiwa. Ottawa sangat bersih, cantik, dan indah. Berbicara indah bukan hanya seruan tapi memang begitulah Ottawa, bisa dijadikan objek Wisata yang tidak membosankan.

Ottawa sangat menarik, cantik, rupawan. Saya ekspresikan cantik dan rupawan karena dalam bahasa Perancis, Ottawa itu bergender feminim, jadi cocok dibilang cantik dan rupawan. Oh ya, sebagai info, bahasa resmi Kanada ada dua, yaitu Perancis dan Inggris.

Foto: Retty Sari

Saking indah dan cantiknya, saya bisa katakan kalau Ottawa adalah salah satu kota pilihan yang bisa memberi kenangan indah bagi setiap orang yang pernah mengunjunginya, baik untuk jangka waktu sekadar singgah berlibur atau jangka waktu yang panjang untuk sekolah. Selama tidak ada lockdowns corona, Ottawa bisa dikunjungi kapan saja karena di setiap musimnya memberi nuansa dan keindahan yang berbeda. Di setiap pojok kota ini ada titik untuk pengambilan foto yang menawan dan saya jamin tidak akan mengecewakan.

Downtown

Di sekitar downtown atau pusat Kota Ottawa, ada sungai yang bernama Ottawa River. Sementara itu, di kelilingnya terdapat gedung-gedung pemerintahan bergaya gothic seperti Parliament Hill. Pemandangan yang indah bisa juga dilihat dari atas Peace Building. Dari menara gedung ini, pada waktu musim panas kita dapat melihat perahu menavigasi Kanal Rideau. Kita juga bisa dengan jelas melihat National Arts Centre tempat penyelenggaraan pertunjukan balet, simfoni, dan Broadway. Selain itu, kita juga dapat melihat Bytown Museum yang dibangun dari batu memamerkan suku asli Algonquin dan pemukim awal yang datang dari Eropa. Pub, kafe, dan toko suvenir berjajar di Jalan By Ward bisa kita lihat dan nikmati!

Tempat yang menjadi favorit saya untuk menghilangkan penat setelah bekerja atau sekadar melepas lapar atau rendez-vous adalah By Ward Market, yaitu pasar terbuka sepanjang jalan By Ward. Di sini berjejer tenda tempat para pedagang lokal menjajakan hasil karya kerajinan atau hasil panennya pada musim semi dan musim panas.

Di pasar terbuka ini ada makanan khas beavertail yang rasanya mirip kue bantal di Indonesia. Pembeli bisa memilih rasa sesuai keinginan, ada beberapa pilihan rasa seperti, coklat, keju, serta brown sugar kayu manis yang sangat popular, cocok untuk teman minum Kopi.

Di area By Ward Market banyak sekali restaurant, pub, caffee shop, hingga bakery yang terkenal. Harga untuk berbagai jenis makanan tersebut bervariasi, $-$$$. Saya minum kopi dan menikmati roti croassant di De Moulin De Provence yang dikenal dengan Obama cafe. Selain tempatnya strategis untuk melepas lapar dan dahaga, caffe ini punya khas, yaitu makanan Perancis dan Italia yang selalu tersaji dan fresh dengan harga terjangkau dan banyak pilihan.

Banyak juga tempat atraksi yang bisa dilihat sepanjang jalan George, York, By Ward, dan William. Pada malam hari, jalan By Ward menjadi tempat hangout dan hiburan bagi sebagian masyarakat Ottawa, terutama anak mudanya. Tempat yang juga bagus dan baik untuk dikunjungi saat di downtown Ottawa sebagai objek Wisata adalah:

  • Parliament Hill
    Parliament Hill adalah Salah satu bangunan tua bersejarah neo-Ghotic yang menjadi iconic di Kanada. Destinasi ini wajib dikunjungi ketika traveling ke ibukota Kanada ini.
  • Rideau Canal
    Kanal Rideau juga dikenal sebagai jalur air Sungai yang menghubungkan ibu kota Kanada, Ottawa, Ontario, ke Danau Ontario dan Sungai Saint Lawrence di Kingston, Ontario. Pada musim dingin, Rideau Canal akan membeku dan menjadi hamparan es yang sangat luas, panjangnya mencapai 8 kilometer. Di sinilah ajang festivities Winter Lude Festival musim dingin berlangsung. Di beberapa titik sepanjang Rideau Canal ada area untuk duduk dan stand makanan dan minuman untuk beristirahat sambil menikmati jajanan dan coklat hangat yang sangat lezat. Bagi yang tidak punya peralatan skating jangan khawatir, di situ ada tempat penyewaan yang dapat dipakai dalam ajang festivities skating ring terpanjang di dunia ini. Di situs UNESCO Rideau Canal tercatat sebagai salah satu World Heritage.
  • National Gallery of Canada
    Galeri Nasional Kanada adalah tempat koleksi seni Kanada yang paling komprehensif di negeri ini.
  • Rideau Center
    Rideau Centre adalah mal bertingkat empat tempat berbelanja yang terkenal, terletak di jalan Rideau berseberangan dengan By Ward Market, Rideau Canal, jembatan Mackenzie King Bridge, dan jalan Nicholas di Downtown Ottawa. Rideau Mal mirip dengan Sogo di Jakarta. Mal ini dapat diakses oleh para tamu yang menginap di Westin Hôtel pada jam beroperasi. Di situ juga ada Shaw Center, gedung ajang pameran bersekala international. Saat ini Rideau tutup lockdown covid-19 dari tanggal 16 Maret 2020.
Baca juga:   Melihat Keindahan Ottawa dari Dekat – Bagian 2
Baca juga:   Melihat Keindahan Ottawa dari Dekat – Bagian 2

Tidak jauh dari downtown, ada beberapa museum yang bisa dilihat oleh keluarga.

  • Canadian Museum of History
  • Diefenbunker, Canada’s Cold War Museum
  • National Gallery of Canada
  • Canadian Museum of Nature
  • Canada Aviation and Space Museum

Musium terbilang cukup menarik untuk tidak di lewatkan dan untuk anak-anak sebagai pengetahuan dan kenangan. Musium Canadaian Nature adalah salah satu yang menjadi pilihan mereka.

Canadian Museum of Nature adalah museum sejarah alam yang menampilkan, mulai dari spesies hewan dan burung asli, hingga budidaya sumber daya alam manusia. Bangunan arsitek tradisional bergaya Victoria itu sendiri cukup menakjubkan!

Musim

Ada empat musim di Ottawa, yaitu musim gugur, musim dingin, musim semi, dan musim panas. Orang-orang di sini sudah tidak asing dengan pergantian musim yang ekstrem, cuaca bahkan dijadikan bahan percakapan setiap harinya. Oleh karena itu, percakapan awal apabila ingin keluar atau bertemu dengan orang diawali dengan pertanyaan tentang cuaca.

Foto: Retty Sari

Bagi yang belum pernah merasakan musim dan ekstremnya cuaca di Ottawa, ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Cuaca bisa sangat panas dan lembab, suhu udaranya berkisar 20-30 derajat Celsius pada musim panas dan bisa minus 20-35 derajat ketika musim dingin, sehingga kita harus sepenuhnya siap untuk kedua musim yang sangat berbeda tersebut. Kita simak Apa yang bisa dilihat dan dikerjakannya di Ottawa sepanjang tahun.

Dengan empat musim, kita dapat menikmati beragam jenis kegiatan seperti ski dan seluncur es di musim dingin, kemudian segala macam kegiatan luar ruang yang menyenangkan di bulan-bulan musim panas.

Di musim semi, suhunya ringan, sekitar 10-18 derajat. Pada musim ini, ada banyak hujan untuk membantu bunga dan tumbuhan tumbuh subur. Tulip, lilac, dan bakung mulai bermekaran penuh pada pertengahan Mei. Saya pribadi sangat menyukai musim semi karena bisa melihat berbagai jenis bunga bermekaran di mana-mana dan tulipnya berbagai warna.

Selain itu, musim semi adalah musim kebahagiaan karena di musim ini banyak pernikahan.
Orang-orang mulai bersepeda dan sepatu roda di sepanjang jalur kota dan ribuan pelari memasuki Ottawa Race Weekend. Turis dari seluruh dunia datang ke Ottawa untuk menikmati Festival Tulip Kanada tahunan pada bulan Mei.

Pada musim panas di Ottawa biasanya lembab dan bisa menjadi cukup panas, mencapai suhu di 30 derajat Celcius. Orang-orang biasanya pergi ke pantai-pantai untuk menikmati sinar matahari dengan berjemur dan berenang. Mereka juga berpartisipasi dalam berbagai olahraga di luar, seperti sepak bola, bisbol, dan voli pantai.

Pada tanggal 1 Juli, Ottawa merayakan Hari Kanada yang kita kenal “Canada Day” dengan konser dan pertunjukan kembang api di Parliament Hill.

Jadi, bisa dipastikan Ottawa menawarkan keindahan alam dan dan aktivitas di setiap musimnya. (*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Pak Senam yang Saya Kenal

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Komentar Terbaru

Sedang Populer

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Pak Senam yang Saya Kenal

1,166FansLike
57FollowersFollow