Friday, September 17, 2021
spot_img
BerandaTips HiseriMerawat Wajah Tampak Muda di Masa Covid-19

Merawat Wajah Tampak Muda di Masa Covid-19

Oleh Retty Sari
Retty Sari Spa (Ottawa – Canada) dan Ammara Clinic (Jakarta)

Suyanto.id–Kali ini, saya ingin membagi sedikit pengalaman bagaimana cara merawat wajah supaya tampak bersih, segar, sehat, dan lebih muda selama menjalani masa social distancing.

Di antara pembaca, tentu ada yang sudah tahu cara merawat wajah yang baik dan benar, tetapi masih ragu menerapkannya. Selain itu, ada pula yang memang belum tahu. Saat social distancing ini, ada baiknya menyimak kembali untuk refreshing, supaya kita tidak tinggal diam dan larut dalam kepanikan dan stres mendalam, lupa untuk merawat wajah, sehingga menyebabkan wajah tidak segar dan terlihat tua.

Sebagaimana kita ketahui, kulit merupakan organ tubuh terbesar yang menutupi seluruh permukaannya. Fungsi utama kulit adalah sebagai pelindung tubuh dari cidera atau penyakit, tak terkecuali dengan kulit wajah. Bahasan kali ini, akan menguraikan kulit dan fungsinya untuk kepentingan perawatan.

Mungkin di antara kita banyak yang menganggap bahwa merawat kulit wajah itu mudah. Padahal tidak sesederhana itu, perlu ketelatenan dan kosentrasi, apalagi kalau kita sudah cukup berumur. Mungkin ini saat yang tepat untuk memanjakan kulit wajah kita dalam situasi yang sulit seperti sekarang tanpa harus keluar rumah.

Menurut pakar kecantikan dan para ahli di bidang industri perawatan wajah, urutan pemakaian produk sangat penting untuk dimengerti dan dipahami. Jika urutannya tidak tepat, akan berakibat kulit wajah kering, menimbulkan jerawat atau yang kita kenal dengan istila break out. Selain persoalan urutan, kita juga perlu tahu tahu jenis kulit wajah kita sehingga memudahkan dalam mencari produk perawatan yang cocok dan tepat.

Jenis Kulit Wajah

Mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajah, sama artinya dengan rasa cinta kita memberi perhatian khusus untuk merawatnya. Para ahli mengategorikan kulit wajah menjadi enam jenis berikut.

  1. Kulit berminyak
    Kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang paling mudah dikenali. Cara untuk mengindentifikasinya adalah dengan memperhatikan kulit wajah kurang lebih dua jam setelah cuci muka. Jika terlihat mengkilat, bisa diartikan bahwa kulit kita berminyak.
  2. Kulit kering
    Orang yang memiliki kulit kering biasanya merasa kulitnya sangat kencang setelah mencuci wajah dan cenderung merasa tidak nyaman. Kalau dibiarkan tanpa pelembap, kadang kulit terasa perih. Kulit kering ini sering diasumsikan dengan kekurangan cairan dalam muka atau dehidrasi. Padahal tidak demikian, kulit kering diakibatkan kurangnya minyak pada kulit. Sementara itu, dehidrasi kulit wajah disebabkan kekurangan air yang bisa diatasi dengan banyak minum air putih.
  3. Kulit berjerawat
    Kulit berjerawat biasanya lebih mudah tersumbat karena minyak yang lebih tebal dapat terperangkap di bawah folikel dan tidak dapat muncul ke permukaan. Kulit berjerawat memerlukan ekstra perawatan.
  4. Kulit sensitif
    Kulit sensitif biasanya rentan terhadap produk kecantikan tertentu juga kurang tahan terhadap sinar UV matahari. Kulit sensitif biasanya punya alergi makanan bahkan alergi terhadap lingkungan, seperti di mana saya tinggal sekarang, dengan datangnya musim semi, banyak yang alergi serbuk tanaman. Biasanya orang yang punya eksim dan asma, kulitnya sensitif.
  5. Kulit kombinasi
    Kulit kombinasi biasanya kulit yang sedikit berminyak di area T-zone/kening dan hidung serta kering pada bagian lainnya.
  6. Kulit normal
    Dalam dunia perawatan kulit dan dermatologi, kulit normal adalah kulit yang tidak mengalami segala jenis kondisi kulit yang berlebihan. Jenis kulit normal memiliki keseimbangan minyak dan kelembapan yang tinggi. Ini berarti bahwa kulit terasa cukup netral. Orang dengan berkulit normal biasanya memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan dengan kulit yang berminyak. Sangat beruntung bagi orang yang punya jenis kulit ini.
Baca juga:   Mas Menteri, KBM Online Membuat Siswa 3T Susah Belajar

Perawatan untuk semua jenis kulit

Mengetahui prinsip perawatan wajah yang tepat sangat membantu mencegah timbulnya masalah kulit yang tidak diinginkan seperti jerawat, keriput dan garis halus, serta noda/bercak hitam di wajah. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Cuci muka dengan benar
    • Cuci tangan terlebih dahulu.
    • Bersihkan riasan mata dengan pembersih mata/eye makeup yang sesuai dengan bahan make up yang dipakai oil base/water base.
    • Basahi wajah dengan menggunakan handuk muka yang sudah dibasahi air hangat.
    • Cuci muka dengan sabun/krim/gel pembersih sesuai dengan jenis kulit. Saya pribadi lebih suka menggunakan yang gel karena lebih terasa lembut.
    • Ulaskan pembersih ke seluruh wajah hingga rata dengan gerakan memijat memutar lembut dari arah hidung dalam keluar hingga bersih dan jangan terlalu lama digosok.
    • Basuh dengan air hangat hingga tidak ada sisa pembersih yang tertinggal di muka sampai warna air bening.
    • Basuh dengan air dingin untuk memberi sensasi segar dan menutup pori-pori wajah.
    • Keringkan muka dengan menepuk-nepuk handuk muka/waslap hingga wajah tidak lagi basah tapi tidak terlalu kering/masih lembab.
  2. Pakai penyegar/toner
    Usapkan penyegar langsung setelah tidak ada lagi air tersisa dimuka tapi kulit wajah masih lembab. Hal ini bisa membantu kandungan penyegar/toner meresap lebih efektif ke dalam kulit. Saya menyukai penyegar/toner yang tidak mengandung alkohol untuk menjaga kulit dari rasa kering.
  3. Serum
    Setelah selesai menggunakan penyegar/toner, lanjutkan dengan mengoles penggunaan serum pagi/malam bagi yang mempunyai target dengan keadaan kulit atau masalah kulit yang lebih spesifik.
  4. Pelembab/moisturizer
    Setelah penggunaan serum, lanjutkan dengan mengoleskan pelembap. Pelembap wajib digunakan bagi setiap jenis kulit, dari yang kering sampai berminyak. Saya suka menggunakan pelembab yang noncomedogenic dan hypoallergenic.
  5. Tabir surya/sunblock
    Langkah terakhir perawatan muka adalah dengan cara mengoleskan tabir surya/sunblock pada pagi hari. Memakai tabir surya sangat penting untuk perawatan wajah rutin yang sama sekali tidak boleh terlewatkan. Paparan sinar UV matahari bisa menyebabkan kulit wajah jadi cepat keriput dan muncul garis halus, serta timbulnya flek/noda hitam di kulit. Selain itu, radiasi sinar matahari bisa meningkatkan risiko kanker. Biasakan untuk menggunakan tabir surya untuk wajah dengan SPF 30-50 setiap kali habis pakai pelembap walau tidak keluar rumah.
Baca juga:   Kurikulum Adaptif di Masa Pandemi

Biasakan untuk membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur.

Tips

  1. Biasakan untuk memeriksa bahan-bahan produk krim wajah sebelum membeli sesuai dengan jenis kulit.
  2. Jaga kulit wajah tetap lembab dengan rutin mencuci pagi dan sebelum tidur.
  3. Ganti sarung bantal paling tidak seminggu sekali.
  4. Tutup kepala sebelum tidur.
  5. Memakai tabir surya setiap hari walau tidak keluar rumah.

Mempunyai kulit wajah sehat dan bebas dari masalah kulit memang diperlukan usaha yang ekstra. Jadi, lakukan apa yang bisa dilakukan saat ini untuk meremajakan kulit wajah dengan rutin menjalani ritual wajib perawatan pagi dan malam hari menjelang tidur.
Insyaallah, kulit akan merasakan manfaatnya dan kita merasa percaya diri untuk tampil prima dengan the best skin you can imagine!

“Healthy skin is crucial for providing the right canvas for applying make up, to enhance natural beauty and create natural healthy looking skin.”

Ottawa, 10 April 2020

spot_img
SebelumnyaPageblug
BerikutnyaSuwuk Corona

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Pak Senam yang Saya Kenal

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Komentar Terbaru

Sedang Populer

Growth Mindset dalam Pembelajaran Daring

Wanita Kebaya

Pak Senam yang Saya Kenal

1,166FansLike
57FollowersFollow