Friday, February 26, 2021
Beranda Gagasan Ilmiah Populer Pendidikan Karakter Sedunia Ala Covid-19

Pendidikan Karakter Sedunia Ala Covid-19

Suyanto.id–Tampilan Covid-19 memang dahsyat. Tahu sendiri kaan, betapa perilaku  bangsa-bangsa sedunia bisa dipengaruhi dan berubah total dalam waktu kurang dari lima bulan sejak dia merajalela di Wuhan?

Biasanya orang-orang Barat dan juga sebagian orang kita, kalau ketemu cipa-cipiki, sekarang takut melakukan lagi. Biasanya ada orang suka dugem, berangkat sore pulang pagi, kapok seketika saat ini. Orang yang biasa merokok pun saya yakin mulai ada yang menguranginya atau bahkan berhenti. Biasanya orang nggak pernah melakukan kebiasaan cuci tangan, sekarang dia melakukan dengan sukarela.

Luar biasa memang si Covid-19 ini dalam mengubah perilaku hidup manusia sejagad raya. Mengapa luar biasa? Karena menurut penelitian dalam bidang pendidikan karakter, orang harus melakukan habituasi (pembiasaan) sebanyak paling tidak 21 kali untuk bisa memiliki perilaku baik yang baru. Sebaliknya ketika orang harus meninggalkan karakter buruk, kemudian menggantikannya dengan karakter baik yang baru, dia harus melakukan pembiasaan atau habituasi sebanyak paling tidak 100 kali. Tidak demikian untuk Covid-19. Sekali tampil langsung bisa mengubah perilaku manusia di dunia dalam tempo yang singkat.

Ada yang berpendapat bahwa begitulah cara Tuhan melakukan cleaning up dunia; Yaa begitulah jalan Allah untuk merefresh bumi, langit dan seisinya. Konon ada ilmuwan yang mengatakan bahwa lapisan ozon di langit kita menjadi menebal lagi, kembali baik lagi dari lobang bolongnya segede benua Amerika setelah ada pandemi Covid-19. Semoga betul, dan ini mungkin betul, karena sebagian besar industri menghentikan operasinya, sebagian besar mobil di dunia hanya parkir digarasi, sebagian besar penghuni planet ini tinggal di rumah, berhenti mengotori bumi dan langit.

Lalu apa perubahan dalam diri kita? Yaaa paling tidak memiliki kebiasaan baru: PHBS – pola hidup bersih dan sehat, plus yaaa beramal kecil-kecilan membantu sesama yang memerlukannya. Salam Sehat dan Sukses. (*)

Baca juga:   Beridulfitri di Rumah

4 KOMENTAR

  1. Sy juga baca artikel bhw lapisan ozon dunia semakin baik. Dunia kembali fresh. Begitulah Allah memerintahkan makhlukNYA unt membenahi dunia dr sisi lingkungan.

  2. Dapat ilmu pengetahuan baru tentang angka 21 dan 100 dalam proses habituasi ( pembiasaan ). Hal tersebut hasil penelitiannya siapa pak Prof ?. Mohon tambahan pencerahan. Terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Tulisan Terbaru

Hari yang Dijanjikan

Menangis adalah Hak

Problematika Terurai

Kilasanmu Ayah

Komentar Terbaru

Sedang Populer

Menangis adalah Hak

Kilasanmu Ayah

Hatiku Tak ‘Kan Berpaling Darimu

1,158FansLike
46FollowersFollow